Panduan Cara Setting Modem Telkom Speedy

Diposting oleh Hadhara on Senin, 20 Mei 2013

Panduan Cara Setting Modem Telkom Speedy - Jumpa lagi sahabat teknisiku, kali ini saya +hadhara rizka akan berbagi lagi tentang sebuah tutorial seputar modem speedy telkom yang bermasalah yakni cara setting modem TP link dari Telkom Speedy.

Pernahkan anda mengalami masalah dengan jaringan atau pasword pada telkom speedy anda ? kali ini saya sedikit menawarkan satu solusi yakni dengan mereset dan mensetting ulang modem speedy tersebut dan mendapatkan pasword baru.

Baiklah saya akan langsung share langkah-langkah setting modem Speedy berdasarkan pengalaman pribadi dan referensi yang saya peroleh dari sumber lainya :
  • Pertama-tama hubungkan modem dengan komputer/laptop menggunakan kabel UTP, pasang juga konektor ADSL (line telpon) ke modem serta kabel power modem dan hidupkan modem TP-Link anda.
  • Oleh karena IP default modem adalah 192.168.1.1 maka ubah IP address untuk komputer/laptop anda menjadi 192.168.1.2
  • Selanjutnya Jalankan aplikasi browser anda, seperti , Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox atau lainnya.
  • Ketik pada address bar, IP address default dari modem yaitu 192.168.1.1 dan tekan ENTER maka akan muncul halaman login web base setting modem TO-Link
  • Ketik username : admin dan password : admin kemudian klik OK Anda sekarang sudah berada di halaman web base TP-Link modem setting. Silahkan klik menu Interface Setup dan klik Internet.

SS 01 Cara Setting Ulang Modem Speedy by Hadhara
  • Atur settingan virtual circuit sesuai dengan yang disarankan dari pihak telkom, biasanya tergantung pada area masing-masing (misalnya : PVC1)
  • Statusnya menjadi Activated dan VPI : 8 dan VCA : 81 (ini untuk PVC1, akan berbeda apabila PVCnya berbeda).
  • Encapsulation ISP pilih PPPoA/PPPoE
  • Masukkan user name serta password yang diterima dari Telkom (sudah anda persiapkan di awal)
  • Setting Bridge Interfacenya Deactivated dan Connection Always On (Recommended).
  • Klik menu LAN dan cek settingan sebagai berikut : IP Address : 192.168.1.1, Subnet Mask : 255.255.255.0, Dinamic Route : RIP2-B Direction : None, Multcast : Disable dan ICMP Scoop : Disable. DHCP : Enable, Starting IP Address : 192.168.1.2 dan IP Pool Count : 50 (max : 254). Settingan yang lainnya biarkan default.

  • Klik menu Wireless untuk setting wireless modem sebagai berikut : Access Point : Activated, Channel Indonesia. Yang lainnya biarkan default. Pada Broadcast SSID pilih Yes dan SSID ketik Access Point Name (APN) mis : Aksespoint Aku
Setelah melakukan semua seting di atas, langkah terakhir adalah menyimpan hasil settingan di atas dengan menekan atau klik tombol Save.


Demikianlah langkah-langkah mensetting ulang pasword TP Link Modem Speedy yang juga pernah saya posting di Belajar Ilmu Komputer.

Semoga dengan panduan diatas sobat semua sudah mampu memahami cara-caranya dan dapat dimanfaatkan ketika jaringan telkom speedy nya error, lupa pasword dan lain sebagainya tanpa harus menuggu petugas telkom untuk memperbaikinya.

Sekali lagi selamat mencoba, dan mulai praktek. Jika tak kunjung berhasil saya merekomendasikan anda untuk langsung membaca tulisan master teknisi komputer dan jaringan Indonesia. DAPATKAN E-Book Jaringan Komputer terlengkap di Qbonk Media Group

Dengan memiliki E-book diatas, sobat tidak hanya mendapatkan Ilmu, namun income tambahan dari Skill yang sobat miliki setelah mahir menjadi teknisi komputer dan jaringan.

E-book Ini Penting Bagi anda :
Download Ebook >> KLIK DISINI !!
(Update Info >>E-book Teknisi Komputer Terlengkap di Indonesia Klik Disini !