Langkah Langkah Merakit Komputer dengan Mudah

Diposting oleh Hadhara on Minggu, 23 Juni 2013

Langkah Langkah Merakit Komputer dengan Mudah - Selamat Datang Sahabat teknisiku, kali ini saya masih berbagi tentang langkah mudah merakit PC, jadi anda bisa mengikuti proses serta rekomendasi yang saya tawarkan.

Langkah Langkah Merakit Komputer dengan Mudah - Ini dia langkah-langkah merakit komputer dengan mudah. Mudah? Tentu saja mudah, karena dengan mengetahui secara umum saja tentang perakitan komputer, Anda dapat dengan mudah merakit komputer untuk Anda gunakan sendiri. Sebenarnya apa saja keuntungan merakit komputer itu sendiri?

Dengan merakit komputer sendiri, selain Anda memahami dan mengetahui proses kerja sebuah komputer, Anda dapat menghemat budget atau biaya pembelian komputer karena cenderung lebih murah. Kenapa demikian? Karena kita dapat memilih hardware/perangkat apa yang cocok untuk kita gunakan dan dapat menyesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Lalu, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk merakit sebuah komputer? Berikut ini adalah langkah-langkah merakit komputer yang dapat dengan mudah Anda pahami dan praktikkan.

Langkah-langkah Merakit Komputer - Persiapan
Untuk merakit sebuah komputer, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah persiapan yang matang. Hal ini penting sebab dalam merakit sebuah komputer dapat terjadi berbagai kemungkinan yang akan timbul. Hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam merakit sebuah komputer? Ini dia persiapan langkah-langkah merakit komputer.

Menentukan Konfigurasi Komputer
Konfigurasi komputer harus kita pahami terlebih dahulu. Kita harus mengetahui kompatibilitas dan kesesuaian dari sebuah komponen terhadap motherboard, karena tidak semua komponen mendukung jenis prosesor, memori, port dan I/O bus.

Konfigurasi komputer ini berkaitan dengan kesesuaian jenis-jenis komponen dalam sebuah komputer sehingga berbagai komponen tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan kita. Anda dapat membuka buku manual komponen untuk mengetahui konfigurasi tersebut.

Mempersiapkan Komponen dan Peralatan
Untuk merakit komputer, sebaiknya dilakukan di ruangan tertutup dan bebas debu. Akan lebih baik jika dilakukan di ruang ber-AC. Namun, yang terpenting adalah perakitan ini dilakukan di ruangan yang bersih dan teratur. Siapkan pula meja kerja yang cukup luas untuk menampung berbagai komponen perakitan komputer.

Siapkan komponen komputer seperti motherboard, casing, chip, hard disk, RAM, DVD room, kipas, monitor, keyboard, mouse dan VGA card serta kelengkapan lainnya seperti mur, baut, jumper, dan lain sebagainya.
Siapkan alat bantu berupa obeng min dan plus dengan ukuran yang cukup, Driver Device, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi yang akan diinstall.
Siapkan buku manual atau panduan dari setiap komponen jika ada sebagai alat rujukan dari setiap komponen yang akan kita pasang.

Pengamanan untuk Keselamatan Kerja
Pengamanan untuk keselamatan kerja dalam melakukan langkah-langkah merakit komputer sangat penting untuk diperhatikan. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.
  • Hindari arus statik dengan menggunakan gelang antistatik dan sandal karet. Gelang antistatik adalah gelang yang memiliki kabel dengan salah satu ujungnya menempel pada casing PC. Jangan menginjak sesuatu yang dapat menghantarkan listrik. Keringkan tangan Anda karena air dapat menyebabkan komponen PC berkarat. 
  • Langkah-langkah Merakit Komputer - Perakitan, Setelah siap dengan berbagai persiapannya, maka Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu perakitan komputer. Berikut ini adalah tahapan perakitan komputer.


Pemasangan Motherboard dan Processor
Untuk memulai langkah-langkah merakit komputer, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu Motherboard komputer yang telah Anda pilih.

Amati bagian motherboard dengan saksama.
Periksa buku manual untuk mengetahui posisi jumper dalam mengatur CPU Speed, Speed Multiplier, serta tegangan yang masuk ke motherboard. Jika Anda salah mengatur posisi jumper, maka akan berakibat kerusakan para processor.

Pasang processor pada motherboard. Untuk memasangnya, ketahui terlebih dahulu tanda pada salah satu sudut processor. Biasanya ditandai dengan lekukan, lubang atau anak panah pada processor. Tancapkan chip prosesor pada soket yang tersedia kemudian pastikan pinnya menancap dengan benar. Perhatikan pula, jangan sampai pin tersebut bengkok apalagi patah. Jika hal tersebut dilakukan dengan benar, maka processor akan tepat masuk ke socket dengan benar.

Beri Thermal paste sebagai pasta pendingin di atas processor. Kemudian, pasang heatsink dan fan pada chip processor agar tidak cepat panas dan tahan lama. Setelah selesai, kunci socket dengan menekan tuas ke bawah serta mengaitkannya pada pengunci yang terdapat pada motherboard.


Menyiapkan Casing Komputer
Setelah motherboard siap dipasang, siapkan casing komputer yang telah Anda pilih. Letakkan casing di tempat yang Aman dan mudah untuk dijangkau.
Buka kedua panel di samping kiri dan kanan dengan hati-hati dengan membuka skrup panel terlebih dahulu. Pasang swicthing power supply unit (PSU) adapter pada casing dengan tempat yang telah disediakan, biasanya terdapat di sisi paling atas pada casing. Kemudian, perkuat dengan memasang baut pada lubang-lubang yang telah tersedia. Abaikan langkah ini bila anda telah membeli casing yang telag dilengkapi dengan power suply. Pasang motherboard pada casing dengan menyesuaikan posisi dudukan motherboard pada lubang-lubang dudukan pada casing komputer. Pasang skrup pada setiap lubang dudukan untuk memperkuat dudukan motherboard pada casing.


Pemasangan Memory Card dan Drive
Langkah-langkah merakit komputer berikutnya adalah memasang memory card atau RAM pada slot DIMM yang telah terdapat pada motherboard. Buka kait pengunci RAM pada motherboard, kemudian tancapkan RAM dengan benar sesuai pembatas pin. Pastikan seluruh kaki kaki RAM masuk dengan benar pada slot yang tersedia. Kunci RAM dengan memasukkan tuas pengunci RAM pada lubang pengunci yang terdapat pada RAM.

Untuk memasang Drive seperti hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD sebenarnya sama saja. Anda cukup menempatkan drive pada tempat yang disediakan. Pasang sekrup tepat pada lubang casing yang telah disediakan untuk drive tersebut. Hubungkan kabel konektor drive dengan konektor yang terdapat pada motherboard. Untuk HardDisk, tempatkan kabel konektor dengan konektor Primary pada motherboard.
Hubungkan kabel power drive dengan kabel powersuply yang tersedia.

Pemasangan Card Adapter
Langkah selanjutnya dalam merakit komputer adalah memasang card adapter seperti video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Biasanya anda harus memasang Video card terlebih dahulu sebelum memasang card adapter lainnya. Berikut ini adalah cara memasang card adapter.

Pegang card adapter tanpa menyentuh komponen elektronik card adapter tersebut. Tekan dan tancapkan card adapter pada slot dengan perlahan hingga tegal lurus. Pastikan konektor tepat masuk pada slot yang terdapat pada motherboard dan kedudukan card tersebut tidak miring.

Jika terdapat kabel internal pada Card, maka hubungkan terlebih dahulu kabel tersebut dengan motherboard. Pasangkan baut yang memperkuat posisi card Adapter pada casing agar card tidak goyang apalagi lepas. Langkah-langkah pemasangan card adapter tersebut dapat dilakukan pada berbagai card adapter yang Anda miliki.


Pemasangan Kipas Tambahan
Agar komputer Anda tetap dingin dan suhu pada pc tetap normal walaupun dipakai dalam kurun waktu yang lama, maka Anda dapat menambahkan kipas tambahan pada casing komputer Anda. Pasang dengan menggunakan baut yang sesuai dengan lubang kipas pada casing komputer. Hubungkan konektor power dengan konektor yang lainnya dari kotak power supply.

Langkah-langkah Merakit Komputer - Penyelesaian
Setelah menyelesaikan beberapa tahap yang harus Anda lalui, maka tahap akhir dari langkah-langkah merakit komputer adalah sebagai berikut :
  • Pasang kembali penutup casing yang Anda buka tadi.
  • Pastikan konektor monitor terpasang pada port video card.
  • Pasang Konektor kabel keyboard dan mouse pada port masing-masing.
  • Anda dapat menghubungkan perangkat eksternal lain microphone/speaker bila ada pada port yang sesuai.


Langkah-langkah Merakit Komputer - Pengujian Hasil Kerja
Sampai di sini, sebenarnya Anda telah menyelesaikan langkah-langkah merakit komputer dengan benar. Sekarang waktunya untuk menguji perakitan komputer tadi dengan menjalankan program BIOS. 

Perhatikan tampilan monitor dan suara yang keluar pada saat menyalakan komputer dan monitor.
Bila terjadi kesalahan, maka monitor tidak menampilkan apapun atau terdengar bunyi beep secara teratur sebagai kode dari kesalahan instalasi komponen.

Jika semua berjalan dengan normal, maka lakukan Setting BIOS sesuai dengan ketentuan atau perubahan yang diperlukan sesuai dengan keinginan Anda.
Simpan perubahan setingan BIOS tersebut.

Langkah-langkah Merakit Komputer - Kesalahan yang Biasa Terjadi dan Solusinya

Kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi pada perakitan komputer adalah sebagai berikut.
Masalah: Monitor Tidak Menyala
Solusi: Pastikan kabel terkoneksi dengan baik, cek kabel konektor dan power pada monitor tersebut.

Masalah: Suara Beep Tecara Teratur
Solusi: suara disebabkan oleh pemasangan Card yang kurang tepat, buka panel samping Casing, kemudian pastikan setiap Card Adapter terpasang dengan baik.

Lampu LED dari HardDrive/Floppy/DVDRom Menyala Terus
Solusi: Hal ini terjadi karena kesalahan pada konektor atau terdapat pin yang tidak dengan tepat terhubung pada konektor.

Jika semua langkah-langkah merakit komputer tersebut dilakukan dengan baik, maka Anda saat ini telah memiliki kemampuan untuk merakit komputer dengan benar. Banyak komputer yang memiliki komponen yang berbeda dengan bawaan konfigurasi yang berbeda pula. Oleh karena itu, teruslah berlatih untuk menguasai teknik dan langkah-langkah merakit komputer sehingga Anda tidak lagi memerlukan tukang service yang membuang budget Anda.

Saya harap dengan tutorial berupa Langkah Langkah Merakit Komputer dengan Mudah diatas dapat membantu sobat untuk merakit PC sendiri tanpa ada hambatan, namun demikian jika juga belum mampu memahami cara yang sudah di persingkat ini, saya merekomendasikan anda untuk membaca buku panduan "cara merakit, merawat dan memperbaiki komputer" yang sudah dilengkapi dengan gambar, bahasa yang mudah dan telah diuji oleh para teknisi Indonesia.

Untuk mendapatkan Ebook Langah Merakit Komputer silahkan Download Disini !!


Demikianlah Informasi, Tutorial dan Rekomendasi untuk anda yang serius ingin mampu merakit PC sendiri, tidak hanya sebatas itu saya berharap anda membaca lebih banyak Ebook Komputer sehingga mampu memperbaiki kerusakan setiap perangkat komputer, laptop, jaringan dan perangkat elekronika anda.